Lapang Merupakan Central Ekonomi Masa Depan Aceh Utara

ACEH UTARA - Pada saat ini, perkembangan Lapang sebagai kecamatan yang paling berdekatan dengan ibu kota kabupaten Aceh Utara yaitu Lhoksukon, yang merupakan ujung tombak jalur transaksi ekonomi dari zaman dulu kala sampai pada perkembangan Lapang sekarang ini.
Dimana saudagar-saudagar diwaktu tempo dulu, mempergunakan jalur laut Lapang sebagai salah satu jalur perdagangan antar Negara. Antara lain Lapang mempunyai hubungan langsung melaui jalur laut ke Peneng (Malaya) Malaysia sekarang ini. Dimana kedua belah pihak saling menguntungkan pada saat itu, maka dari itu Lapang merupakan saah satu daerah yang “strategis”. Pengusaha-pengusaha Lapang dan sekitarnya yaitu termasuk (Lhoksukon, Cot Girek, Matang Kuli, Samponiet, Seunudon, Simpang Muling, Pirak )dan lain sebagainya.
Dengan melakukan barter barang dengan Malaysia pada saat itu. Rempah-rempah dari Aceh Utara seperti asam sunti dan lain-lainnya yaitu melalui perkotaan kota Piadah yang merupakan salah satu situs Internasional kuta di zaman tempo dulu yang telah dilupakan oleh pemerintah daerah dan pemerintah pusat. Mohon perhatian pemerintah untuk itu marilah sama-sama kita bangun, baik dari LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Ormas (Organisasi Masyarakat), ataupun Organisasi lainnya yang ada di Aceh dan Aceh Utara khususnya seperti LSM local dan LSM Nasional serta bahkan Internasional sekalipun. Untuk memperhatikan bahwa kawasan Lapang suatu kawasan yang strategis dikembangkan untuk menjadi pusat indusrti di kawasan Aceh Utara.
Bila ini terwujud nanti Lapang saja merupakan daerah kelautan yang dapat menghasilkan bidang pertanian lainnya. Apalagi Lapang merupakan ujung tombak yang tidak bisa terlepas dari pada kabupaten ibu kota Aceh Utara yaitu Lhoksukon dalam bidang territorial kelautan. Dengan harapan nantinya Lapang seperti yang sudah dicanangkan oleh Gubernur dan Bupati terdahulu beserta tokoh-tokoh masyarakat, kawasan Lapang tersebut bahwasanya merupakan kawasan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik dari zaman dulu sampai sekarang ini.
Mohon perhatian pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja di kawasan pelabuhan lapang menjadi kawasan industri. Walaupun sudah ada pelabuhan di daerah tersebut namun belum dapat berfungsi dengan baik. Diharapkan kepada Pemerintah Aceh Utara untuk mempercepat proses pembangunan pelabuhan Lapang menjadi pelabuhan Nusantara yang sudah dicanangkan beberapa tahun sebelumnya. Dengan demikian Lapang akan menjadi central ekonomi masa depan Aceh Utara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fadel Partner Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template